Sabtu, 05 Mei 2012

Cara Berbisnis Petani agar usahanya Maju


www.gunadarma.ac.id

Bab I

Pendahuluan

            Pertani merupakan salah satu pekerjaan yang ada di Indonesia. Saya tertarik dengan pandangan di sekitar pinggiran kota banyak sekali petani sayuran yang memasok kebutuhan sayuran kota Jakarta. Sepertinya para petani itu saya bahagia dengan apa yang mereka kerjakan. Namun jika kita melihat prosesnya mungkin beberapa orang akan mengurungkan niatnya mengkonsumsi hasil pertanian tersebut. Bagai mana tidak air yang dipergunakan untuk menyiram tanaman umumnya berasal dari air kali yang telah tercemar limbah-limbah berbahaya. Berpikir sejenak tidak adakan cara agar para petani tersebut dapat memproduksi hasil pertanian secara bersih dan layak untuk semua orang. Tanpa basa-basi saya mencari literatur tentang pertanian yang murah, sederhana namun memiliki kualitas baik, ya HIDROPONIK. Hidroponik jika pertama kali mendengar terkesan mahal dan eksklusif. Sistem budi daya hidroponik memang awalnya dikembangkan dan dipergunakan untuk sistem pertanian modern, hal ini di lakukan untuk menghasilkan produk pertanian dengan kualitas bagus. Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan Budidaya Tanaman secara hidroponik dapat dilakukan dengan biaya yang murah dan sederhana.

Bab II

Pembahasan

            Hidroponik merupakan sistem pertanian masa depan, hal ini di sebabkan hidroponik dapat diusahakan di berbagai tempat, baik itu di di desa, di kota, di lahan terbuka, atau bahkan di atas lahan beton sekali pun. Keunggulan Hidroponik adalah diusahakan tidak mengenal musim, sepanjang tahun petani dapat memproses dan memproduksi hasil pertanian. Jaminan pasokan dan rutinitasnya sehingga petani dapat mengatur jenis maupun kuantitas produksi untuk mencegah jatuhnya harga produk-produk pertanian. Oleh karena itu, harga jual hasil panennya tidak khawatir akan jatuh. Pemeliharaan tanaman hidroponik pun lebih mudah karena tempat budi dayanya relatif bersih, media tanamnya steril, dan tanaman terlindung dari terpaan hujan. Serangan hama dan penyakit relatif kecil. Tanaman lebih sehat, lebih vigor, dan produktivitas lebih tinggi. Mutu hasil tanaman hidroponik juga lebih bagus. Itulah sebabnya harga jualnya lebih tinggi. Hal ini terjadi karena lingkungan yang bersih dan terpenuhinya suplai unsur hara sesuai dengan kebutuhan tanaman. Bahkan, dapat pula diusahakan rasa buah yang lebih manis, misalnya dengan menambahkan atau meningkatkan dosis unsur hara tertentu. Kelebihan yang lain, komoditas yang dihasilkan lebih tahan lama, misalnya pada tomat hidroponik lebih keras dan lebih tahan lama (tidak mudah busuk).


Bab III
Kesimpulan
            Bagi penggemar sayuran organik, hidroponik merupakan jawaban yang tepat karena nutrisinya dapat dibuat dari bahan organik. Selain itu, lingkungan yang bersih dan media tanam yang steril merupakan jaminan yang rasional untuk tidak menggunakan pestisida. Kalaupun terpaksa, ada altematif pilihan penggunaan pestisida organik atau biopestisida.
            Alasan-alasan tersebut dapat di gunakan sebagai dasar penggunaan sistem budidaya pertanian secara hidroponik. Penggunaan sistem hidroponik mendorong peningkatan efisiensi dan efektivitas pertanian. Pada artikel selanjutnya akan di bahas lebih detail tentang sistem Budidaya Tanaman secara hidroponik dengan biaya yang murah dan sederhana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar